and he said...

Sabtu, 22 Maret 2008

Bu Erna

Jumat 21 Maret kemarin ibu dari teman saya, Yayak, meninggal dunia. Bu Erna namanya, akhirnya perjuangan panjangnya melawan kangker berakhir.
Kaget banget waktu dikasi kabar kematiannya, soalnya saya tuh nggak nyangka beliau meninggal secepat ini. Bu Erna yang selama ini saya kenal adalah wanita yang selalu optimis, nggak pernah kehilangan senyumnya. pernah saya menjenguk beliau di rumahnya, saya lihat keadaannya menyedihkan, badannya jadi kurus akibat kemoterapi + kangker yang dideritanya, waktu itu saya udah siap ngedengerin suara lirih... eh ternyata... suaranya tetep "seger" tetep suara Bu Erna yang selama ini saya dengar. suara penuh semangat, suaranya gak melemah, tanda-tanda kalau beliau gak ngerasa beban dengan keadaannya.
Begitu juga keadaan keluarganya, Yayak teman saya orangnya nyantai banget, juga gada beban.
Papanya... sama juga, adiknya iya. jadi satu keluarga itu tetap berlaku seperti biasa, seakan tidak terjadi sesuatu di rumah itu.
bagus sih... karena hal kek gitu nunjukin kalo mereka udah tegar.
Bu Erna adalah seorang dosen di fakultas sastra dan seni rupa Universitas Sebelas Maret, beliau bahkan sudah menyandang gelar profesor! saya aja baru tahu setelah melayat. dan saya juga baru mengetahui sebuah fakta bahwa kala beliau mengerjakan dan menyelesaikan desertasinya kondisi beliau sudah nggak sehat. Hebat!
dan sekarang beliau sudah nggak ada. nggak ada lagi sapaan hangat saat berkunjung ke rumah Yayak. satu hal yang gabisa saya lupain dari Bu Erna, yaitu sesulit apapun keadaannya Bu Erna nggak pernah kehilangan senyumnya. sedetikpun tidak, hingga akhir hayatnya.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda